About Me

Followers

Diberdayakan oleh Blogger.
Minggu, 18 November 2012

Macam-macam wirausaha


Dalam berwirausaha sangatlah banyak pilihan jenisnya, tapi kali ini akan saya share beberapa jenis wirausaha yang paling banyak dicari oleh konsumen. :

Kuliner
Makanan adalah sesuatu yang selalu dibutuhkan oleh setiap orang, karenanya selalu ada kesempatan untuk memproduksi atau menjual makanan. Bisa dengan berbagai jenis makanan, baik makanan tradisional maupun modern.
Fashion
Pakaian termasuk kebutuhan utama manusia selain makanan dan perumahan. Untuk itu. Pakaian juga senantiasa diperlukan manusia. Berbagai jenis pakaian dapat dibuat sendiri, bisa meranncang pakaian sendiri, bahkan membuatnya sendiri. Asalkan memiliki potensi dalam bidang ketrampilan ini dan menyukainya, kita dapat mengembangkan kreativitas dan menciptakan usaha sendiri yang bergerak di bidang fashion.
Bisnis Properti
Jika anda adalah seorang lulusan sarjana arsitek maka anda perlu mencoba bisnis ini, mencoba mendesain interior atau apalah yang sejenis dengan hal tersebut. Dalam era globalisasi sekarang ini bisnis properti merupakan memiliki prospek ke depan yang menjanjikan.
Usaha Bidang Agroindustri
Indonesia merupakan Negara agraris, dan merupakan penghasil di bidang pertanian no 2 terbesar di Asia Tenggara setelah Thailand. Dengan hal tersebut makan bisnis di bidang pertanian sangatlah bagus prospeknya didukung dengan semakin sempitnya lahan pertanian di Indonesia. Tapi sayangnya pemerintah tidak bisa memanfaatkan keadaan ini, malah yang seharusnya kita bisa mengekspor hasil pertanian ke luar negeri malah kita yang mengimpornya dari Thailand.
Usaha Peternakan
Banyak jenis usaha di bidang ini, dari mulai penyediaan bibit unggul, usaha makanan dan obat-obat ternak, hingga usaha hasil ternak itu sendiri. Jika anda lihat di televise atau beberapa media tentang beberapa kisah sukses pengusaha, maka tak jarang anda melihat banyak dari mereka yang sukses di bidang peternakan. Contohnya di daerah saya di Madiun seorang yang berasal dari keluarga sangatlah tidak mampu tapi dengan keuletannya dia sekarang mampu menjadikan bisnis ternaknya menjadi sangat maju, dia tidak perlu datang ke pasar ternak atau menawarkannya ke pengusaha ternak lainnya, tapi dia menggunakan system catalog (unik yaaa,,,) dia juga mampu menggaji beberapa gadis cantik dan seksi untuk menjadi sales hewan ternaknya (untuk menarik pelanggan genit kale :D )
Usaha Handicraft / Hand Made
Jika anda memiliki potensi dan bakat untuk menciptakan beberapa karya yang memerlukan keterampilan tangan, bisa menekuni bidang usaha ini, dengan mengembangkan kreatifitas dan memanfaatkan berbagai macam bahan untuk disulap menjadi banyak sekali usaha, tergantung bahan dasar yang digunakan untuk meembuat keterampilan ini, missal usaha pembuatan bunga dari jagung, sablon, aksesori, handycraft dari kain flannel, bahan gift, lilin dan produk daur ulang, baik dari kertas maupun plastik.
Beberapa jenis wirausaha diatas hanya beberapa yang saya sebutkan, dan yang saya sebutkan merupakan hanya beberapa kecil bidang wirausaha yang saya tahu mempunyai prospek yang bagus pada saat ini. Mungkin jika ada yang ingin menambahkan mohon di tambahkan di kolom komentar.  Sukses selalu untuk anda semua.

0 komentar: